Gunawan
Surabaya

Seorang ayah yang lagi seneng belajar brewing coffee, wordpress, SEO, internet marketing, desain grafis dan dunia periklanan. Bisa dicari di google "Jurnalis Jawa Pos"

Share
Tips

Cara Membuat Short Url dengan Brand Sendiri

By on February 20, 2017
MEMBUAT SHORT URL

Membuat Short Url dengan Brand Sendiri (foto: http://e-laboratorij.carnet.hr)

Pernah melihat url (alamat sumber atau link) pendek seperti kom.ps (digunakan untuk link kompas.com) atau kask.us (kaskus.co.id) ? Ternyata untuk membuat itu tidak terlalu ribet dan butuh biaya besar.

Iseng-iseng saya coba mempersingkat url blog saya dengan brand sendiri. Percobaan ini saya lakukan setelah sebelumnya diskusi dengan seorang teman. Dia sedang melakukan kolaborasi sebuah produk fisik dan digital.

Ada dua metode yang saya gunakan dalam membuat branded short domain. Pertama saya menggunakan jasa gratisan dari Bitly. Dan cara kedua saya manfaatkan script YOURLS di Softaculous. Untuk mencoba kedua metode itu, pertama kali yang harus kita lakukan ialah membeli domain dengan ekstensi yang pendek. Saya coba gratisan dari dot.tk. Domain yang saya pilih sido.ga (plesetan sido gak, dalam Bahasa Indonesia: jadi apa tidak).

Untuk membut domain gratisan di dot.tk cukup sederhana.

  1. Buka browser, ketik: dot.tk
  2. Masukan nama domain yang anda inginkan. Biasanya kalau kita memilih domain dengan tiga huruf, mereka (dot.tk) tidak menggratiskan. Kita akan disuguhi tarif yang besarannya berbeda-beda. Rata-rata USD 500.
  3. Ketika anda sudah menemukan nama domain pendek yang sesuai selera (stok ekstensi yang disediakan .tk ; .ml ; .ga ; .cf ; .gq) silakan  pilih dengan menekan tombol GET IN NOW.
  4. Setelah itu tekan tombol CHECK OUT yang ada di kanan atas.
  5. Tekan USE DNS (domain name server) lalu bagian IP ADDRESS yang kosong dengan angka berikut ini: 67.199.248.12 (kolom kosong atas) dan 67.199.248.13 (kolom kosong bawahnya) setelah itu tekan CONTINUE.
  6. Isi data anda. Kalau males silakan login lewat akun google (gmail) atau facebook anda. Centang “I have read and agree to the Terms & Conditions” lalu tekan COMPLETE ORDER.
  7. Masuk ke bit.ly, lakukan login. Kalau belum punya akun silakan signup. Kalau males gunakan akun google (gmail) anda.
  8. Setelah masuk ke laman dashboard bit.ly tekan tombol SETTING (garis-garis empat di pojok kanan atas). Pilih Setting – Advanced Settings – Branded Short Domain.
  9. Lalu masukan domain pendek yang baru saja anda buat di dot.tk tadi. Kemudian klik VERIFY
  10. Tunggu, jika gagak coba beberapa kali. Kalau masih gagal cek di settingan DNS di dashboard dot.tk. Kalau masih belum berhasil silakan kontak saya πŸ™‚
  11. Jika berhasil ada tulisan success. Sebelum membuat short url dengan domain pendek anda, silakan masuk dulu ke Setting – Advanced Settings – Branded Short Domain. Kita perlu mengubah default domain dari bit.ly ke domain pendek milik kita (misalnya punya saya sido.ga).
  12. Setelah itu silakan mencoba dengan mengklik CREATE BITLINK (tombol warna oranye di kanan atas). Anda sudah bisa menggunakan url singkat dengan brand anda sendiri.
  13. Oiya branded short domain di bit.ly untuk yang gratisan dibatasi hanya sampai 500 link. Kalau anda ingin lebih silakan upgrade. Males bayar? Tenang saya masih punya cara kedua.

Begini caranya:

  1. Cara kedua ini kita menggunakan script yang sudah ada di softaculous (cpanel hosting kita). Jadi begini misalnya. Saya punya domain gunawansutanto.net. Setiap link keluar saya akan persingkat menjadi dadi.ga (plesetan dadi gak, dalam Bahasa Indonesia: jadi apa tidak)
  2. Langkah pertama kembali buatlah domain pendek. Silakan kalau mau gratisan ke dot.tk. Kalau pengen beli cari penjual yang bertebaran di internet. Setelah kita punya domain pendek, ubahlah DNS-nya untuk mengarah ke DNS domain panjang kita (misalnya tadi domain panjang saya: gunawansutanto.net)
  3. Lalu masuk ke cpanel domain panjang kita. Lakukan add on domain. Pastikan ke penyedia hosting anda bahwa anda punya fasilitas add on domain. Cek di bagian kiri cpanel anda.
  4. Setelah berhasil add on domain, lakukan instalasi script bernama YOURLS di Softaculous Apps Instaler.
  5. Ketika halaman dashboard Softaculous membuka, di pojok kiri atas carilah YOURLS. Ketemu? Silakan klik
  6. Selanjutnya halaman setting YOURLS terbuka. Klik INSTALL NOW
  7. Isian yang perlu anda perhatikan sebagai berikut:
    1. Bagian choose domain pastikan anda ganti domain pendek saya (contoh punya saya: dadi.ga)
    2. In directory kosongkan saja
    3. Site name: Bebas anda isi apa nama yang anda inginkan
    4. Password dan usernama: ganti terserah anda tapi jangan sampai lupa
    5. First name, last name dan email: isi terserah anda. Setelah itu klik INSTALL. Tunggu hingga prosesnya selesai.
  8. Langkah berikutnya buka link Administrative URL yang berisi url untuk mengarah ke halaman short url yang anda buat
  9. Tab baru di browser anda akan membuka. Isikan user dan password untuk login
  10. Silakan sekarang anda bebas membuat shorturl brand anda. Tanpa kepikiran dengan batasan kuota seperti versi gratisan di bit.ly. Dengan YOURLS anda juga memungkinkan memberikan akses pada pengunjung web anda untuk membuat sendiri short urlnya namun tetap dengan domain pendek anda. Seperti anda ketika menggunakan jasa memperpendek URL di bitly.

Sebenarnya apa sih kegunaan URL Shortener seperti itu? Saya katakan pada teman saya bahwa ini penting untuk menganalisa efektivitas klik dari halaman website kita. Sebab dari situ kita bisa melihat statistik berapa banyak orang yang mengklik tautan tersebut. Bagi hamba Alexa, statistik kunjungan tentu merupakan data penting untuk optimasi website.

Tak hanya itu, url singkat juga perlu untuk proyek teman saya itu. Anggap saja proyek teman saya itu mengkolaborasikan antara koran dan versi webnya. Misalnya dia ingin menampilkan berita-berita tentang kematian Kim Jong-nam lebih detail dan update ke webnya. Yang tidak mungkin semuanya bisa tertampung di koran.

Dari pada sekedar menuliskan “ikuti updatenya via www.indonesiapos.com” kan lebih baik ditulis short url brandnya yang langsung mengarah pada “tag” atau “category” berita-berita tentang Kim Jong-nam. 

Misalnya, indo.ps/kim. Sebab kalau tidak disingkat, url “tag” dan “category” itu bisa panjang seperti rangkaian kereta. Contoh: www.indonesiapos.com/tag/pembunuhwn-kim-jongnam.php (link panjang seperti ini sangat menyulitkan pembaca untuk mengingat dan menuliskan kembali ke browser). 

Selamat mencoba. Tunggu video tutorialnya nanti malam πŸ™‚

 

TAGS
RELATED POSTS

LEAVE A COMMENT

Isikan hasil dari pertambahan di kolom kosong di bawah ini *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com