Gunawan
Surabaya

Seorang ayah yang lagi seneng belajar brewing coffee, wordpress, SEO, internet marketing, desain grafis dan dunia periklanan. Bisa dicari di google "Jurnalis Jawa Pos"

  • Lagi berseliweran di WhatsApp Group @infoBMKG https://t.co/7p76diTox6

    Tweeted on 01:37 AM Nov 20

  • Pak @RoySparringa bisa minta pencerahannya terkait bahaya bahan baku es batu? Saya Gunawan dari Jawa Pos. Terima kasih

    Tweeted on 05:13 AM Nov 16

  • Kabel listrik putus di dekat pasar tradisional Manukan Loka V RT 1 RW 1 Manukan Kulon Tandes SBY @e100ss @pln_123 https://t.co/NhnNvLpJ9T

    Tweeted on 08:06 PM Nov 05

  • Halo @sketsanewscom ini kan hoax? https://t.co/O1Ffan31OF

    Tweeted on 04:52 PM Nov 04

  • setuju bgt! https://t.co/rI9ZVVeaHi

    Tweeted on 09:53 PM Nov 01

  • Saya setuju makin banyak akun-akun spt @ClickUnbait ini. Adanya akun spt ini akan membuat para redaktur/content wri… https://t.co/c33IBLpRUb

    Tweeted on 02:10 AM Oct 27

Share
Tips

Tutorial Cara Membuat Digital Imaging Latte Art

By on July 29, 2016

Halo,

Beberapa waktu lalu saya membuat ucapan selamat lebaran. Pengennya buat yang tidak mainstream. Tidak template, tidak mendayu-dayu dengan kata yang itu-itu saja. Dan tentu pengennya buat sesuatu yang berkaitan dengan kopi 🙂

Kepikiranlah membuat seperti ini:
Ucapan Selamat Lebaran

Aneh sih karena fontnya tidak natural jadi tampak tempelan banget. Ya tidak apa-apa, membuatnya juga dalam beberapa menit saja. Dari ide inilah kemudian terpikirkan membuat latte artnya dengan foto. Iseng utak-atik dengan pas foto yang ada. Jadilah seperti ini:

Digital Imaging Latte Art

Keisengan ini pun saya pamerkan di medsos. Eh lah kok beberapa teman mengiranya ini latte art asli. Saya bilang ke mereka ini digital imaging, olah digital alias photoshopan. Beberapa teman minta dibuatkan 🙁

Tentu males dong, wong bikinnya itu juga niatnya untuk iseng. Akhirnya saya kirim file PSD-nya agar mereka bikin sendiri. Beberapa teman sudah nyoba, tapi ada juga yang masih bingung. Jadilah saya sempatkan membuat tutorialnya dengan video.

Cara buatnya sebenarnya sederhana kok, berikut step-stepnya.

    1. Siapkan pas foto, kalau bisa jangan yang rumit. Syukur-syukur ada yang sudah hitam putih dengan background putih (terang).
    2. Cari foto espresso dengan angle dari atas. Cari foto espressonya yang full crema seperti ini:
      espresso
    3. Setelah itu cari foto latte atau cappuccino yang polos. Usahakan angle dari atas agar tidak rumit perspektifnya. Btw tahukan beda latte dan cappuccino? Sekedar diketahui, perbedaan latte dan cappuccino ada pada foam. Latte memiliki foam atau busa yang lebih tipis dari cappuccino. Foto latte atau cappuccino yang anda perlukan kurang lebih seperti ini:
    4. Buka photoshop. Jadikan pas foto kita menjadi hitam-putih. Image – Mode – Grayscale – Flatten. Setelah itu hapus backgroundnya dengan seleksi. Jangan lupa pakai masking agar mudah mengembalikannya. Kalau yang anda seleksi fotonya, berarti seleksi harus dibalik (inverse), Select – Inverse. Setelah terseleksi, agar lebih rapi jangan lupa sebelum dihapus di-smooth dulu. Select – Modify – Smooth. Pilih 3 atau 5.
    5. Buang masking yang ada dalam layer pas foto anda
    6. Setelah itu foto yang backgroundnya sudah hilang tinggal kita bawa (drag) ke gambar espresso yang penuh crema. Layet pas foto yang baru kita drag ke gambar espresso, ubah blending modenya menjadi screen.
    7. Atur gelap terangnya melalui level (CTRL – L) hingga kontras antara hitam dan putihnya.
    8. Gabungkan layer pas foto kita dengan gambar espresso. Caranya pilih layer pas foto dan espresso lalu klik kanan dan pilih merge layer. Biarkan seleksi di layer pas foto muncul.
    9. Sekarang pindahkan pas foto yang sudah menyatu dengan gambar espresso ke gambar latte atau cappuccino. Sesuaikan ukurannya.
    10. Layer gabungan pas foto dan espresso ubah blendingnya menjadi darken. Atur kembali kontrasnya dengan Level (CTRL-L). Sesuaikan warnanya dengan mengatur Hue/Saturation (Image – Hue/Saturation atau CTRL+U). Atur sesuai selera anda, senyata mungkin. Kalau tidak nyata ya tidak apa-apa, namanya juga belajar. Namanya juga olah digital.

Selamat mencoba

 

 

TAGS
RELATED POSTS
2 Comments
  1. Reply

    Ahmad Haris

    July 29, 2016

    Keren

LEAVE A COMMENT

Isikan hasil dari pertambahan di kolom kosong di bawah ini *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com